Rupanya, Tidak Semua aplikasi kredit online termurah Memutuskan Bunga Mencekik

BEBERAPA saat lalu, seorang pengemudi taksi diketemukan meninggal menggantung diri. Berdasar surat warisan yang ditinggalnya, jeratan program aplikasi kredit online termurah lah sebagai pemicunya. Ini bukanlah pertama kali kasus utang online ramai dikabarkan.

Instansi Kontribusi Hukum Jakarta sempat juga memperoleh aduan awalnya berkaitan keluh kesah akan jeratan utang online. Karena tidak sanggup bayar bill dan bunga yang tinggi, nasabah utang online disuruh menari telanjang supaya pinjamannya dapat lunas. Bahkan juga ada pula yang diintimidasi akan dibunuh karena tidak dapat membayar pinjamannya.

Perusahaan aplikasi kredit online termurah memang populer akan bunganya yang setinggi-tingginya. Bahkan juga ada yang capai 365 % /tahun dibanding dengan bunga utang bank yang ada pada jenjang 12 persen-14 % /tahun. Meskipun begitu, keringanan pada proses persetujuannya yang instant membuat ada banyak orang ketarik akan service utang online.

Tetapi, apa semua perusahaan aplikasi kredit online termurah memutuskan bunga yang tidak logis? Berikut ini ialah contoh-contoh service utang online yang telah kantongi ijin Kewenangan Layanan Keuangan. Silahkan kita saksikan satu demi satu ongkos yang mereka gunakan ke nasabah.

1. Kredivo

Kredivo sebagai program aplikasi kredit online termurah yang memberi limit credit capai Rp 30 juta. Limit itu dapat dipakai untuk berbisnis di e-commerce dan toko relasi Kredivo. Pemakai bisa juga mencairkan limit itu berbentuk dana tunai. Untuk berbelanja, bunga yang dikenai Kredivo dimulai dari 0 % (tenor 30 hari), sampai 2,95 % (tenor 3, 6, 12 bulan). Sedang untuk service utang tunai, bunga yang dikenai dimulai dari 2,95 % sampai 4 % /bulan (tenor 30 hari, 3, dan enam bulan).

Mempunyai langkah kerja serupa dengan kartu credit, bunga yang diputuskan Kredivo tidak berbeda jauh dari bunga yang diputuskan pada kartu credit terbitan bank konservatif. Bank konservatif sendiri sekarang ini sejumlah 2,25 % /bulan. Dari info itu, dapat diambil kesimpulan jika bunga Kredivo termasuk logis.

2. TunaiKita

Seterusnya ada TunaiKita, credit online yang memberikan utang berbentuk dana tunai mulai Rp 1 juta sampai Rp 20 juta. Ada dua tipe service di TunaiKita, yaitu Utang Periode Pendek dengan tenor utang 10-30 hari dan Angsuran mulai tiga sampai enam bulan. Ongkos service produk Utang Periode Pendek ialah 0,5-0,8 % untuk tenor 10 sampai 30 hari. Sementara ongkos service produk Angsuran ialah 5-8 % /bulan sepanjang 3 sampai enam bulan. Besarnya ongkos service TunaiKita tergantung pada score credit yang didapat.

3. Akulaku

Kecuali Kredivo, program aplikasi kredit online termurah yang langkah kerjanya serupa dengan Kredivo ialah Akulaku. Limit pada account Akulaku dapat dipakai untuk berbelanja online di e-commerce atau merchant off line, dan dicairkan berbentuk tunai. Plafon utang yang diberi bergantung dari kesepakatan faksi Akulaku karena akan disaksikan dari sisi pendapatan dan pekerjaan. Ada yang dapat mendapatkan utang Rp 2 juta, ada pula yang mendapatkan plafon sampai Rp 5 juta. Sementara untuk periode tenor angsuran yang dijajakan dimulai dari tiga bulan sampai 12 bulan. Lantas berapakah bunga yang dikenai? Bunganya sebesar 0,9 % setiap hari.

Dari daftar di atas, kelihatan jika masihlah ada instansi utang online yang kenakan bunga lumrah, seperti Kredivo misalkan. Maknanya, tidak semua credit online memiliki bunga yang mencekik. Tetapi, calon peminjam harus juga cermat saat sebelum pilih instansi credit online. Yakinkan jika instansi itu telah tercatat dengan cara resmi di OJK. Disamping itu, yakinkan mereka tampilkan info bunga dan ongkos tambahan secara terbuka.

Sesudah memfiltrasi instansi utang yang bakal diputuskan, hal yang tidak kalah penting untuk dilaksanakan ialah memeriksa kembali keadaan keuangan individu. Janganlah sampai jumlah hutang yang perlu dibayarkan /bulannya lebih dari 30% pendapatan bulanan. Apa lagi bila arah utang untuk tutup hutang yang lain, seharusnya batalkan niatmu untuk pinjam.

Leave a Comment