in ,

Teknik Membuat Foto Bokeh dengan Kamera Ponsel

Membuat foto bokeh merupakn salah satu cara untuk membuat hasil gambar yang lebih menarik. Saat belajar fotografi, tentu kamu akan dikenalkan dengan istilah bokeh. Istilah ini yakni untuk menggambarkan sebuah hasil foto yang memiliki background bias, blur, atau buram. 

Bokeh berasal dari bahasa Jepang yakni boke yang berarti mengaburkan. Efek ini terjadi karena terdapat keterbatasan lensa sehingga cahaya yang masuk menjadi out of focus. Dalam dunia fotografi istilah bokeh mulai populer untuk pertama kali pada tahun 1997 oleh seorang editor majalah Photo Techniques bernama Mike Johnston.

Membuat Foto Bokeh
vegan.rocks

Teknik Membuat Foto Bokeh

Untuk mendapatkan hasil foto bokeh tentu dengan menggunakan suatu cara agar hasil bisa maksimal. Beberapa trik ini bisa kamu terapkan untuk menghasilkan foto bokeh.

Mengapa Membuat Efek Bokeh?

Alasan membuat foto dengan efek ini adalah untuk menyembunyikan bagian dalam foto yang tidak diinginkan. Selain itu, efek ini berfungsi untuk menonjolkan objek utama yang ingin ditampilkan. Teknik ini akan sangat bagus untuk membuat gambar promosi. 

Fokus utama efek bokeh adalah menyembunyikan bagian tidak perlu serta menonjolkan objek utama yang ingin ditampilkan. Selain itu teknik ini ternyata bisa menambah nilai estetika dari sebuah foto menjadi lebih tinggi.

Terdapat berbagai jenis bokeh yang digunakan oleh para profesional semisal creamy, circular, pentagonal, dan lain-lain. 

Teknik Membuat Foto Bokeh

Efek bokeh tidak selalu memerlukan kamera terbaik serta lensa paling mahal. Akan tetapi kamu perlu mempelajari beberapa hal yang dapat berpengaruh pada kualitas bokeh. Aperture sangat berpengaruh terhadap hasil foto bokeh, depth of field akan semakin besar ketika bukaan lensa atau aperture semakin lebar. 

Mengatur jarak objek dengan background akan sangat membantu aperture dalam mencapai area dept of field. Bisa dianalogikan bahwa aperture merupakan cara mengatur kedalaman ruang dari kemampuan lensa. Sedangkan menentukan jarak pengambilan objek dengan background merupakan cara menentukan kedalaman ruang secara manual. 

Selanjutnya adalah Length Focal, bagian ini akan berpengaruh terhadap sudut pandang sehingga akan memberikan hasil lebar atau sempit. Pada teknik ini area, objek yang masuk ke dalam frame semakin sempit akan menghasilkan kesan lebih dramatis.

Selain itu, mengatur jarak antara objek dengan kamera juga akan berpengaruh terhadap ketegasan atau ketajaman foto. 

Teknik Membuat Foto Bokeh dengan HP

Buat kamu yang belum memiliki HP dengan kamera lebih dari satu tentu teknik ini kan lebih tricky. Teknik ini tentu akan menghasilkan gambar bokeh yang tidak kalah dengan hp high end yang harganya hingga sekian juta. Hal paling pokok dari teknik ini adalah mengatur jarak objek, umumnya agar lebih fokus kamu hanya perlu mendekatkan HP ke objek hingga memenuhi frame. 

Pastikan agar objek tidak terlalu banyak yakni kurang dari 3 objek. Nah, setelah itu atur jarak objek foto dengan background, upayakan untuk tidak terlalu dekat dengan background. Sebab konsep dasarnya adalah jika jarak antara objek dengan background semakin jauh maka efek blur pada bokeh juga akan semakin bagus. 

Jika kamu memiliki ponsel dengan kamera yang bagus kamu hanya perlu memfokuskan mana yang akan dijadikan objek utama maka secara otomatis area yang lain akan blur. Jangan lupa untuk mengatur komposisi pengambilan gambar menggunakan rule of third. Apabila kamu menginginkan gambar yang lebih dramatis lagi kamu bisa mengedit foto tersebut dengan aplikasi pada HP. 

Aplikasi Edit Foto Pada Ponsel

Ada beberapa aplikasi dalam ponsel yang bisa kamu gunakan untuk membuat foto bokeh. Fitur yang ada didalamnya akan memberikan hasil yang hampir sama dengan smartphone kelas flagship. Selain hasil bokeh lebih bagus aplikasi ini memungkinkan untuk mengedit semua jenis gambar sehingga bisa menghasilkan efek bokeh.

Cara Merawat Kamera HP yang Kerap Kali Diabaikan

Cara Download Foto dan Video di Facebook