in

Memahami 3 Pola Candlestick Yang Dapat Menguntungkan Kamu

Bajukerenlive.com – Seiring berjalannya waktu, bermacam pola candlestick dalam trading semangkin bervariasi, mulai dari pola satu batang chandlestick, dua batang, tiga batang dan sebagainya. Namun, dari pilihan yang ada, ternyata ada beberapa pola chandlestick yang menguntungkan untuk dapat di pelajari. Bagaianakah pola tersebut, mari langsung simak saja pembahasannya.

Sekilas tentang Pola Candlestick

Pola candlestick merupakan metode charting kuno yang berasal dari Jepang yang sudah terbukti kefesienanya sejah dahulu sampai sekarang. Meskipun sudah di pakai sangat lama, namun ketenarannya sudah menjadi bagian dari analisa populer yang banyak di pakai oleh trader. Candlestick adalah jenis grafik harga yang di pakai trader untuk memantau harga sekuritas tinggi, rendah, terbuka, dan penutup pada waktu tertentu.

Teknik candlestick harus dimengerti dan dikuasai dengan baik oleh para trader agar mendapatkan keuntungan yang maksimal serta mengecilkan resiko kerugian. Karena pola candlestick inilah, banyak trader bisa mengetahui pergerakan harga yang sedang terjadi di pasar. Perlu diketahui, bahwa analisa dengan pola chandlestick adalah bagian dalam metode analisa diskresional.

Artinya, analisa teknikal yang menggunakan pola chandlestick, akan mengandalkan intuisi subyektif trader untuk mengetahui candlestick chart sehingga menjadi eksekusi trading aktual. Implikasinya, di butuhkan pengalaman dan jam terbang tinggi agar cara ini dapat optimal mendatangkan profit konsisten.

Jenis-jenis Pola Candlestick Lengkap yang Menguntungkan

Agar gampang dipahami, pola candlestick akan mengikuti sistematika dari analisis teknikal yang umumnya, candlestick memiliki tingkat siaga “sinyal” dan “konfirmasi”. Tingkat “sinyal” chandlestick tersebut terbentuk satu pola yang akan menampilkan pergerakan suatu saham, namun trader belum diizinkan untuk memasang posisi. Sedangkan, tingkat “konfirmasi” yang artinya pola chandlestick sudah memperbolehkan trader memasang posisi mengikuti pergerakan pola yang muncul.

Berikut merupakan 5 kategori pola candlestick yang menguntungkan sesuai dengan bentuk konfirmasinya dalam posisi :

1. Pola Pin bar

Pin bar merupakan salah satu pola chandlestick yang paling sering terlihat pada grafik pada saat trading. Pola ini mudah terlihat karena bentuk shadow-nya selalu lebih panjang dari pada badan dan ujung shadow. Semakin panjang shadow daripada body dan nose, maka akan semakin tinggi pula indikasi kemungkinan akan terjadi penerusan trend atau reversal.

Pola candlestick pin bar mengindikasikan sentimen pasar yang bermula dari tergiringnya ke satu arah, kemudian berbalik arah, sehingga menciptakan jejak shadow yang panjang. Contohnya, pada saat harga mendekat batas resistansi maupun support, pin bar akan menandakan terjadinya reversal:

2. Pola Inside bar

Polla candlestick yang berikutnya paling sering muncul saat trend pasar telah mencapai titik tertinggi maupun terendahnya. Pola Inside Bar memiliki ciri dua batang chandlestick, yang salah satu batang lebih kecil dan berada pada range batang induknya.

Pola chandlestick ini menandakan konsolidasi antara penjual dan pembeli, yang keduanya masih berusaha saling tarik-menarik sampai salah satu sampai salah satu mendominasi dan membuat trand. Pada pengembangannya, pola Engulfing juga berada pada kategori pola Inside Bar.

3. Pola Candlestick Three Outside Up dan Three Outside Down

Pola Three Outside Up dan Three Outside Down juga bagian dari pengembangan pola Inside Bar. Yang membedakan, jika pada Inside Bar, candlestick awal biasanya cenderun lebih besar daripada chandlestick kedua. Maka pada pola chandlestick akan menguntungkan candle pertama atau berada di dalam candle berikutnya. Artinya, bar awal dan kedua mengidentifikasikan tekanan antara penjual dan pembeli akan membesar dan pemenangnya akan terkonfirmasi oleh bar ketiga.

Pola Three Outside Up menandakan akan terjadinya reversal bearish (pembalikan harga naik jadi turun). Sedangkan pola Three Inside Down menandakan kesempatan reversal bullish (pembalikan harga turun menjadi naik).

Itu adalah cara Memahami 3 Pola Candlestick Yang Dapat Menguntungkan Kamu, dengan memantau pergerakan grafik dengan baik akan memudahkan kamu untuk menguasai pasar. Sebaiknya kamu memahami cara ini sebelum terjun langsung menjadi trader.

nft

NFT CryptoPunk Yang Terjual Dengan Harga Rp39 Miliar

Analisis Fundamental

Analisis Fundamental dan Fungsinya Pada Saat Membeli Saham