in ,

Cara Menggunakan Gadget Agar Tidak Merusak Mata

Cara menggunakan gadget agar tidak merusak mata memang tidak bisa kita abaikan. Terlebih lagi, penggunaan gadget saat ini sudah menjadi hal yang biasa dilakukan, bahkan hal tersebut sudah menjadi kebiasaan setiap orang.

Gadget seolah menjadi hal yang tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua juga menggunakannya. Padahal menggunakan gadget terlalu lama justru bisa mengganggu kesehatan Anda, salah satunya adalah bisa merusak mata.

Cara Menggunakan Gadget
pixabay.com

Cara Menggunakan Gadget agar Tidak Merusak Mata

Terkadang orang seringkali tidak mengenal waktu dalam bermain gadget. Bahkan tak jarang mereka menghabiskan banyak waktu untuk bermain gadget. Padahal terlalu lama menggunakan gadget dapat berpengaruh buruk pada kesehatan mata. Makanya sangat penting untuk mengontrol penggunaanya.

Namun jika Anda bekerja dan mengharuskan penggunaan gadget dalam jangka waktu lama, tentu Anda harus bisa mencari solusi. Untuk itu berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menggunakan gadget agar tidak merusak kesehatan mata.

Membatasi Waktu Penggunaan

Cara menggunakan gadget agar tidak merusak mata yang pertama adalah dengan membatasi penggunaannya. Anda dapat menjadwalkan saat perlu atau saat bekerja saja. Setelah itu, ada baiknya Anda mengurangi penggunaannya dan mengistirahatkan mata Anda.

Anda juga bisa membuat aturan berapa lama waktu yang bisa digunakan untuk bermain gadget, misalnya satu jam per hari. Nah, setelah waktu yang ditentukan habis sebaiknya Anda mengusahakan untuk berhenti menggunakan dan menyibukkan diri dengan mengalihkannya untuk kesibukan lain.

Sering Mengistirahatkan Mata

Apabila pekerjaan Anda harus menggunakan dalam waktu yang lama, Anda bisa menjeda kegiatan tersebut untuk mengistirahatkan mata beberapa saat. Misalnya selama 20 menit sekali untuk menjadikan mata lebih rileks.

Waktu tersebut bisa Anda gunakan untuk mencari pemandangan lain, seperti menatap keluar jendela dan melihat pemandangan sekitar atau melakukan aktivitas lain. Ini akan membantu agar mata Anda tidak terlalu lelah akibat terlalu lama melihat gadget.

Jaga Jarak

Cara menggunakan gadget agar tidak merusak mata selanjutnya sebaiknya Anda menjaga jarak saat menggunakan gadget. Jangan menggunakan gadget dalam jarak yang terlalu dekat. Ada baiknya beri jarak sekitar 30 hingga 45 cm dari mata.

Karena sinar biru yang terdapat pada gadget sangat berbahaya bagi kesehatan mata Anda, bahkan bisa merusak mata jika terus menerus terpapar. Biasanya jika terlalu dekat pengguna akan mudah sakit kepala dan mata mudah kering. Karena sinar biru membuat mata bekerja makin berat.

Sesekali Pejamkan Mata

Cara menggunakan gadget ini dapat membantu menyebarkan air mata secara menyeluruh melapisi mata, Anda bisa memejamkan mata selama 30 detik. Hal ini sangat baik untuk menjaga mata agar tetap dalam kondisi basah dan tidak kering.

Untuk itu, ada baiknya Anda memejamkan mata sebentar ketika sudah terlalu lama dalam bermain gadget. Atau Anda bisa memejamkan mata saat mata sudah terasa gatal dan kering akibat terlalu lama bermain gadget.

Sering Berkedip

Terkadang mungkin Anda sering lupa untuk memejamkan mata sebentar, apalagi jika sudah serius dengan sesuatu misalnya game online. Nah, Anda bisa mengatasinya dengan berkedip sesekali, untuk mengatasi mata kering atau lelah akibat terlalu lama bermain gadget. Cara menggunakan gadget agar tidak merusak mata ini akan membantu mata agar tetap basah dan terlindungi dari mata kering. Selain itu sering berkedip saat Anda sedang melakukan pekerjaan juga bermanfaat untuk mempertahankan konsentrasi.

Cek Pinjol Ilegal Cuma Lewat WhatsApp

Aplikasi Android Pelacak Lokasi Bantu Temukan yang Hilang Tanpa Kabar