in

Cara Belajar Trading Dari Nol untuk Pemula, Biar Tak Rugi

Cara Belajar Trading Dari Nol untuk Pemula, Biar Tak Rugi
Ilustrasi belajar trading dari nol. Foto: Ist/Net

Belajar trading dari nol menjadi hal penting bagi pemula. Belakangan ini trading saham dan investasi memiliki banyak peminat. Aktivitas trading saham ini bisa menguntungkan Anda. Namun, sebelum memasuki dalam dunia trading, maka perlu lebih banyak terlebih dahulu. Anda bisa memulainya dari nol dengan cermat.

Jenis trading saham sendiri adalah transaksi jual beli saham yang mempertimbangkan pergerakan harganya secara harian. Biasanya untuk melakukan trading saham dengan cara memanfaatkan momentum terjadinya fluktuasi harga saham. Pastikan sudah siap saat akan memulai trading saham.

Cara Belajar Trading Dari Nol untuk Pemula, Biar Tak Rugi
Ilustrasi belajar trading dari nol. Foto: Ist/Net

Ketahui Beberapa Cara Belajar Trading Dari Nol

Saat akan memulai trading, memang perlu belajar terlebih dahulu. Berikut ini beberapa cara belajar trading yang perlu Anda ketahui.

Membaca Buku

Aktivitas trading saham memang sudah dilakukan oleh banyak orang sejak lama. Bahkan sudah banyak tokoh sukses yang lahir dari kegiatan trading saham. Beberapa di antaranya juga membagikan pengalamannya melalui buku yang mereka tulis. Anda bisa mempelajari langkah-langkah yang mereka lakukan saat memulai kegiatan trading saham. Selain itu, bisa dengan membaca buku-buku yang membahas mengenai saham dan investasi. 

Saat ini Anda bisa mendapatkan rekomendasi buku terbaik untuk belajar saham. Termasuk trading saham dari para ahli, bahkan yang sudah berpengalaman. Anda bisa mendapatkan buku secara fisik maupun ebook yang bisa Anda temukan melalui internet.

Tentukan Anggaran Trading Saham

Belajar trading dari nol dilakukan dengan menentukan anggaran trading saham. Anda memang perlu menentukan anggaran trading saham yang akan digunakan terlebih dahulu. Hal ini akan lebih mudah menghitung keuntungan yang akan Anda dapatkan nantinya. Pastikan untuk mengelola dana yang dimiliki dengan sebaik-baiknya. 

Apabila menggunakan lebih dari 10% portofolio Anda ke saham individu, maka bisa membuat tabungan tidak sehat. Pastikan Anda hanya menginvestasikan sejumlah uang yang sudah Anda perhitungkan. Tentunya masih dalam batas wajar apabila Anda kehilangannya.

Jangan sampai menggunakan uang yang sudah dialokasikan untuk pengeluaran jangka pendek. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, pembayaran cicilan, dan uang sekolah anak. Pastikan saat melakukan trading, Anda sudah menyediakan dana darurat yang sehat serta tabungan pensiun yang aman.

Memilih Akun Pialang/Broker

Setelah menentukan anggaran yang akan Anda gunakan untuk trading saham, maka juga perlu memilih akun pialang/broker. Hal ini akan berpengaruh pada jenis trading yang akan Anda jalani. Tentu saja tidak bisa memulai trading saham tanpa akun pialang. 

Pialang/broker merupakan perusahaan yang melakukan perdagangan menggunakan nama Anda. Oleh karena itu, memiliki pengaruh dan kekuatan yang besar terhadap akun Anda. Pastikan broker/pialang yang Anda pilih yakni pialang/broker yang baik. Memilih pialang terbaik berdasarkan pada kebutuhan spesifik Anda.

Pelajari Saham yang Akan Diperdagangkan 

Belajar trading dari nol perlu dengan mempelajari saham yang akan Anda perdagangkan. Apabila Anda memutuskan untuk berinvestasi pada saham individu. Pastikan untuk menggunakan beberapa rasio analisis keuangan dalam membandingkan kinerja perusahaan dengan pesaingnya. Anda membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian saat memilih saham individu. Sebaiknya menggunakan analisis komparatif yang ekstensif.

Tentukan Jenis Trading yang Sesuai

Menentukan jenis trading sama halnya menentukan arah jalan untuk mencapai tujuan. Ada dua jenis utama perdagangan saham yakni perdagangan aktif dan perdagangan harian. Perdagangan aktif merupakan perdagangan yang dilakukan investor sekitar 10 atau lebih perdagangan setiap bulan. 

Umumnya menggunakan strategi yang sangat bergantung pada pengaturan waktu pasar. Mencoba memanfaatkan peristiwa jangka pendek agar menghasilkan keuntungan dalam beberapa minggu atau bulan mendatang. 

Untuk belajar trading dari nol perlu mengetahui banyak hal. Hal ini agar bisa menjalani aktivitas trading saham yang menguntungkan Anda.

HP dengan Kamera Terbaik

Rekomendasi HP dengan Kamera Terbaik untuk Fotografi