Aplikasi pinjam uang cepat online Berbasiskan Program Baca Panduan Ini

Saat menulis keyword ‘pinjaman online’, atau ‘pinjaman dana gampang dan cepat’, atau ‘pinjam dana’ di Playstore, berbagai program online untuk memperoleh dana fresh akan ada di HP Anda.Tetapi, ariflah dalam berutang. Keringanan yang dijajakan dalam pinjam dana tidak berarti semua keperluan bisa diongkosi dari utang dana online cepat cair itu.

Saat tidak dapat memenuhi kesepakatan utang, karena itu yang terjadi seterusnya kemungkinan ialah keduk lubang tutup lubang dari 1 program ke program yang lain.Jamak terjadi penuntasan haplikasi pinjam uang cepat online dengan itu diputuskan oleh nasabah. Ingat, cara itu bukan langkah yang pas dalam menuntaskan hutang!

Keluh kesah Customer

Beberapa keluh kesah diutarakan beberapa debitur yang memiliki masalah terkait dengan tata langkah penagihan dari faksi ke-3 yang dicarter oleh perusahaan program aplikasi pinjam uang cepat online.Mereka tidak kuat, bahkan juga ada yang sampai ingin akhiri hidup karena sangat depresinya bertemu dengan beberapa debt colector aplikasi pinjam uang cepat online.

Karena, beberapa penagih hutang itu tidak cuma meminta hutang ke debitur. Namun, menelepon dan mengirimi pesan singkat melalui sosial media ke kawan-kawan nasabah. Bahkan juga, atasan kerja dari debitur juga dikontak. Bukan hanya menyampaikan kabar mengenai hutang piutang, tapi juga dibarengi dengan suara teror. Malu-maluin, kan?

Instansi Kontribusi Hukum (LBH) Jakarta mengutarakan, jumlahnya laporan beberapa debitur program aplikasi pinjam uang cepat online yang pada akhirnya jadi depresi dan stres karena dikejar-kejar oleh debt collector. Langkah meminta seperti itu juga dipandang menyalahi norma penagihan.

LBH Jakarta mengutarakan jika dari laporan aduan yang masuk, tersingkap jika seseorang debitur rupanya tidak cuma berutang pada satu program online.”Jarang-jarang yang hanya satu-dua, bahkan ada yang (terlilit) 35 program,” ungkapkan Advokat Khalayak LBH Jakarta Jeannya Silvia Sari Sirait.

Jika tidak jeli dalam berutang lewat program online dari financial technology, beberapa hal seperti diuraikan di atas akan Anda rasakan juga.Panduan ini benar-benar bermanfaat untuk golongan millenial yang sedang gencar dibombardir oleh penawaran lifestyle yang konsumtif, potongan harga berbelanja, dan beragam keringanan untuk pinjam dana.

1. Pinjam dana cuman saat kondisi benar-benar menekan

Ada keringanan dalam berutang yang diberi oleh perusahaan penyuplai utang berbasiskan tehnologi atau financial technology, lewat program digital yang bisa didownload lewat Playstore, tidak berarti Anda dapat dengan sewenang-wenang ajukan utang dana online.

Karena, ada kewajiban yang perlu Anda penuhi sesudah utang dana cepat dan mudah itu dicairkan. Yaitu, pengembalian hutang dan bunga atau beberapa biaya yang mengikutinya.Oleh karenanya, pada konsepnya pinjamlah cuman jika Anda betul-betul sedang tertekan, atau sedang kedesak perlu dana fresh.

2. Pinjam dana cuman untuk keperluan produktif

Jika Anda pinjam cuman untuk belanja beberapa barang konsumtif untuk keperluan setiap hari, seharusnya jauhi utang dana online dari program financial technology. Karena bunganya tinggi sekali. Belum juga denda jika terlambat mengembalikannya.

Tetapi, jika untuk keperluan yang memiliki sifat produktif dan menekan, sementara untuk pinjam dari beberapa sumber lain perlu waktu dan proses yang lama, karena itu pinjam dana melalui program financial technology menjadi jalan keluar.

Misalkan jika memperoleh kesempatan usaha yang hasilnya sudah tentu didapat dalam kurun waktu dekat, Anda perlu modal untuk beli barang. Anda dapat sampaikan utang dana cepat dan mudah dari program online financial technology.

Tetapi, kalkulasi kembali untung ruginya, di antara ongkos yang dihitung secara harian dan keuntungan yang bakal Anda peroleh. Bila Anda mau tak mau pinjam, yakinkan cuman pinjam dalam perhitungan dua atau 3 hari. Sesudah terima pembayaran dari client, yakinkan Anda membayar utang itu hingga Anda tidak perlu terserang bunga tinggi.

3. Jelas sudah sumber dana untuk bayar hutang

Saat dana utang telah cair, harus diakui dana itu bukan dana punya Anda sendiri. Dana itu ialah dana yang perlu Anda balikkan. Dana itu sebagai merupakan liabilities atau kewajiban, bukan asset Anda.Jadi sejak dari awalnya, saat sebelum pinjam, Anda harus yakinkan dahulu darimanakah dana untuk pengembalian hutangmu kelak. Apa dari gajimu atau hasil dari usaha.

Jika hasil dari usaha, yakinkan itu sebagai usaha yang bukan memiliki sifat pertaruhan hasilnya. Tapi perlu dari usaha yang jelas sudah dan tentu keuntungannya.

4. Tentukan financial technology yang tercatat di OJK

Sekarang ini, ada beberapa ratus financial technology yang tawarkan utang dana cepat dan mudah. Dari beberapa ratus jumlah perusahaan penyuplai aplikasi pinjam uang cepat online berbasiskan tehnologi itu, baru ada 73 yang tercatat di Kewenangan Jasa Keuangan (OJK). Financial technology yang telah tercatat itu ada dalam pemantauan OJK.

“Dalam ketentuan OJK disebutkan, tiap pelaksana utang berbasiskan tehnologi harus mendaftarkan. Sekarang ini yang tercatat cuman 73 dan yang tidak tercatat 404 financial technology,” kata Ketua Satuan tugas Siaga Investasi Kewenangan Jasa Keuangan (OJK), Tongam Lumban Tobing.

Seharusnya Anda pinjam dari financial technology yang sudah mempunyai ijin sah dari OJK sebagai penyuplai aplikasi pinjam uang cepat online berbasiskan tehnologi, bukan sekedar tercatat di OJK.

Bila financial technology sudah berijin, memiliki arti proses usaha dan produk credit financial technology itu sudah diverifikasi oleh OJK dan memperoleh pemantauan dari OJK. Bila ada permasalahan ke nasabah, OJK mempunyai tanggungjawab ke nasabah itu.

Memanglah bukan memiliki arti financial technology yang legal tidak punyai permasalahan dengan customer. Karena dari laporan LBH Jakarta, ada pula keluh kesah dari beberapa customer financial technology legal. Tetapi, minimal bermasalah dengan financial technology yang legal akan semakin aman dibanding sama yang ilegal.

5. On time dalam bayar cicilan

Hal paling penting dari semua panduan di atas, susunlah keuangan Anda dengan jeli. Mengurus keuangan dengan jeli bisa menahan Anda terlilit hutang.

Upayakan supaya pengeluaran tidak melewati pendapatan Anda. Tidak boleh melatih dengan pola hidup foya-foya yang bakal membuat pengeluaran tidak imbang dengan penghasilan.

Belilah barang yang Anda perlukan. Tidak boleh terlampau ikuti kemauan berbelanja yang tidak perlu-perlu sangat, sementara pendapatan ngepas.

Supaya Anda masih tetap tenang dan bebas dari jeratan haplikasi pinjam uang cepat online atau hutang konservatif, bekerjalah lebih keras serta lebih pintar, hingga pendapatan jadi lebih besar dari pengeluaran Anda. Jangan dibiarkan kemauanmu kuras tabungan Anda.

Leave a Comment