5 Program Langkah Trading Saham Online Terbaik untuk Pemula

Investasi saham memerlukan program trading yang dapat dihandalkan dan gampang dipakai. Saya menulis 10 salah satunya. Berikut ulasan dari masing – masing program dan persyaratan pilih program saham terbaik.
Untuk dapat lakukan jual-beli saham, Anda perlu broker yang dapat dipercayai. Broker yang bukan hanya murah tapi juga gampang, bukan hanya gampang tapi juga handal.
Kita ketahui akhir-akhir ini ada broker – broker memiliki masalah yang pada akhirnya bikin rugi nasabah.
Di BEI ada beberapa broker, 98 jumlah persisnya, tapi pengalaman saya, cuman beberapa ada yang pas untuk investor retail.

Saat sebelum sampaikan broker – broker itu, saya ingin menerangkan persyaratan saya saat menentukan broker, terutamanya untuk investor retail.
Program Langkah Trading Saham Terbaik

Program Trading Saham

Investor memakai program trading untuk lakukan bermacam hal berkaitan jual-beli saham, dimulai dari registrasi account, pengujian setoran deposit uang, analisis esensial saham, analisis teknikal sampai eksekusi membeli dan jual saham.

Peranan program trading benar-benar sentra.
Daftar ini dibikin dari penglihatan subyektif, berdasar pengalaman saya memakai dan dengar dari rekan – rekan yang pernah memakainya.

1. Indopremier IPOT

Saya memakai program trading saham ini telah lama semenjak pertama kalinya main saham. Awalannya masuk melalui membeli Reksadana, selanjutnya seiring berjalannya waktu saya memakai program trading saham IPOT.

IPOT cukup dikenali di beberapa kelompok karena salah satunya pion transaksi bisnis saham online dan menggerakkan nasabahnya lewat pelatihan dan seminar untuk melakukan investasi periode panjang di saham.
Ketetapan jual-beli saham di Indopremier:

Tidak ada minimal deposit saat membuka account, baru deposit bila ingin lakukan transaksi bisnis
Fee jual saham: 0.29% per transaksi bisnis dan Fee membeli saham: 0.19% per transaksi bisnis
Feenya sedikit mahal, tapi banyak hal yang menurut saya baik dari IPOT ialah:

Tidak ada minimal deposit saat membuka account saham. Deposit baru diberi bila mulai akan trading saham sebesar nilai transaksi bisnis yang akan kita kerjakan.

Register akun dapat online, tak perlu bertemu muka, tak perlu tiba ke cabang, semua cukup lewat program IPOT
Ada CS yang online sepanjang jam kerja lewat Telegram. Menolong bila ada pertanyaan atau permasalahan.
Program IPOT tawarkan banyak feature – feature untuk trading atau investasi, yang gampang dipakai untuk semuanya tipe investor.

Integratif saham dengan Reksadana, hingga uang yang tidak diinvestasikan dapat diarahkan sementara ke Reksadana dan jika nanti diperlukan dapat didistribusikan kembali ke saham.
Feature terkini dari Indopremier ialah Robo Trading, yang disebut mekanisme trading yang secara automatis akan jalankan semua perintah order jual dan membeli pada saham dan harga yang sudah nasabah tetapkan awalnya hingga tidak kehilangan peristiwa.

2. Most Berdikari

Berdikari Sekuritas (Mansek) adalah broker saham paling besar di Indonesia yang disebut anak perusahaan Bank Berdikari.
Program trading saham dari Mansek ialah MOST – Berdikari Online Stok Trading.
Saya senang dengan pemakai interface MOST yang gampang dan nyaman dipakai untuk semuanya investor terutamanya pemula.

Disamping itu, sudah pasti, Mansek ialah punya pemerintahan, BUMN, menjadi salah satu yang terkuat modalnya. Karena untuk saya, saat berbicara investasi perlu instansi yang punyai modal kuat untuk jamin jika uang kita diatur secara baik dan prudent.

Tetapi, MOST sedikit mahal, yakni:
minimum setoran awalnya untuk pembukaan account: mahasiswa Rp 2.000.000, umum Rp 5.000.000 dan full servis Rp 100.000.000
minimal fee membeli atau jual Rp 5 ribu, seberapapun kecilnya jumlah transaksi bisnis saham
Fee jual saham: 0.28% per transaksi bisnis dan Fee membeli saham: 0.18% per transaksi bisnis
Fee yang sedikit mahal diimbangin keunggulan MOST, diantaranya, ialah:

Registrasi nasabah dapat dilaksanakan lewat cara online, cukup hanya mempersiapkan e-KTP, photo selfie dengan menggenggam e-KTP dan NPWP.

Berdikari Sekuritas mempunyai produk investasi pasar modal yang komplet, yakni: saham konservatif, saham syariah, Reksadana, Obligasi dan SBN, dan emisi IPO. Jumlahnya produk menolong customer lakukan penganekaragaman investasi.

Koleksi Reksadana di MOST benar-benar komplet, bermacam tipe Reksadana dijajakan bukan hanya oleh Berdikari Investasi, tapi juga Manager Investasi lain
Sarana pelatihan di kelas secara bertemu muka yang mendalam, terdiri atas 3 tingkat seperti pengetahuan nasabah.
Sarana pelatihan online yang komplet di website Berdikari Sekuritas
Akses pada hasil penelitian dan up-date harian masalah perubahan pasar dan ekonomi dari beberapa riset eksper dari Berdikari Sekuritas.

Salah satunya featurenya ialah pembukaan rekening di Berdikari Sekuritas yang seamless, bahkan juga tak perlu tanda-tangan sama sekalipun.

Langkah pembukaan rekening di MOST ini lebih bagus karena sekuritas – sekuritas lain walau telah online tapi tetap formulirnya harus di tanda-tangan, di print dan dikirimkan, belum juga menanti sampai satu minggu lebih buat aktivasi.

Layanan online akun opening MOST bisa dijangkau memakai handphone dengan 3 cara yakni isi data diri, mengupload document yang dibutuhkan dalam transaksi bisnis di pasar modal seperti KTP, swafoto dengan KTP, dan NPWP.

Dan cara paling akhir ialah lakukan tanda-tangan digital untuk pembukaan rekening investasi dan rekening dampak.

3. Stokbit

Kita pemain saham perlu tempat untuk sama-sama berganti informasi, share referensi dan bocoran masalah emiten – emiten saham.

Komunitas komune saham itu wajib. Mengapa ?

Saham ialah instrumen investasi yang peka dengan informasi, analisis serta rumour. Maka jika ada gelaran untuk sama-sama berwacana, sama-sama ganti pemikiran, akan berguna.

Banyak investor yang telah eksper bertahun – tahun dalam dunia investasi dan trading saham, ingin share di komune Stokbit, dengan gratis.

Share yang nilainya benar-benar bernilai, apa lagi untuk saya yang belajar

Walau, karena ini komunitas terbuka, semua anggota dapat memberi komentar, tanpa kita dapat betul-betul tahu identitas mereka, banyak tanggapan – tanggapan yang terkadang – terkadang tidak logis, tidak berdasarkan dan lain-lainnya.

Tetapi pengalaman saya sejauh ini mengikut Stokbit, lama – lama kita bisa mem-filter mana anggota yang gagasannya bagus dan yang mana tidak.

Stokbit tidak selalu cuman komunitas, sediakan juga bermacam data untuk analisis esensial dan analisis teknikal. Penyuguhan datanya komplet dan gampang disaksikan.

Misalnya, rasio valuasi PBV dan PER dihidangkan sampai 10 tahun ke belakang. Saya tinggal check diagramnya untuk memandang satu saham telah murah atau memang belum berdasar valuasi PBV dan PER.

Neraca keuangan bersejarah terhidang komplet dengan rasio rasio keuangan penting.

Satu perihal sebagai keunggulan Stokbit ialah design apps yang fresh, clean, gampang dipakai. Informasi data saham yang banyak dan detil dapat dirangkum demikian rupa oleh Stokbit hingga investor gampang untuk menyaksikan dan menganalisanya.

Saat jual-beli saham di Stokbit, nasabah lakukan lewat Sinarmas Sekuritas. Tak perlu membuka dua program karena Stokbit yang lakukan integratif ke-2 mekanisme ini di backend, investor tinggal tahu kelar.

Untuk pembukaan rekening, prosesnya di Stokbit online tapi beberapa document harus diambil untuk dikirim secara hardcopy ke faksi Sinarmas. Proses ini yang perlu waktu lebih dari satu minggu, apa lagi bila RDN dibuka di rekening yang bukan bank Sinarmas, akan semakin lama kembali.

Selain itu, pengalaman dari saya, karena mungkin proses integratif dua mekanisme, terkadang kita harus siap dengan keadaan mekanisme yang tidak dapat dijangkau, kerap pemeliharaan (seringkali dari program sekuritas lain), trading balance yang tidak sesuai dengan di antara di Stokbit dan saldo Rekening nasabah di Sinarmas Sekuritas.

Walau peristiwa permasalahan ini jarang ada, tetap memunculkan rasa geregetan, apa lagi saat kita sedang intensif ingin lakukan transaksi bisnis saham.

4. Sinarmas

Saya check rupanya Sinarmas punyai program trading saham sendiri dan feature featurenya lumayan menarik.
Kebenaran, karena terakhir sarana trading di Stokbit seringkali tidak berjalan mulus, saya segera lakukan order di Sinarmas.

Beberapa ketetapan penting Sinarmas:
Ada tiga opsi RDN: Bank Sinarmas, Bank Niaga, dan BCA
Fee online trading ialah membeli 0,15% dan jual 0,25%
Cuman account Reguler, tidak ada account Syariah
Minimal deposit Rp 500 ribu
Untuk pemakai interface, didalamnya komplet sekali, tapi design program Sinarmas cukup ruwet dan kurang pemakai friendly.

Fee-nya cukup rendah dan tersambung pada Stokbit yang membuat saya menimbang memakai Sinarmas.
Maka jika berasa penampilan Sinarmas berasa kuno, kurang fresh, saya dapat saksikan portfolio melalui Stokbit karena portfolio saham di Sinarmas mirroring di Stokbit.

Selain itu, bila dalam periode waktu enam bulan atau 180 hari, keseluruhan uang dan investasi tidak capai batasan minimal saldo, kurang dari Rp500.000, karena itu Sinarmas akan menonaktifkan account kita.

5. BNI Sekuritas

BNI lakukan pengubahan yang cukup berarti dengan mengeluarkan program BIONS, yang penampilannya fresh, clean, gampang dipakai untuk trading dari hp.

Berlainan dengan program BNI awalnya, BIONS mempunyai account trial, hingga nasabah dapat coba tanpa memakai uang. Pengalaman saya, account trial ini penting untuk get akrab dengan kerja program, apa lagi untuk yang baru pertama kalinya main saham.

Feature di BIONS lumayan komplet, yakni watchlist, sector trade, research, esensial, automatic order, automatic order daftar dan corporate action, dan informasi dengan beberapa informasi terbaru.

  • Ketetapan perdagangan saham di BNI Sekuritas ialah:
  • Setoran minimum ialah Rp 1 juta (versus Rp lima juta hybrid).
  • Account Online Syariah: fee membeli 0.15%, fee jual 0.25%
  • Account Online Reguler: fee membeli 0.17%, fee jual 0.27%
  • Account Hybrid Reguler: fee membeli 0.27%, fee jual 0.37
  • Satu kekurangan BNI ialah minimal deposit yang lumayan besar Rp 1 juta, ditengah-tengah beberapa sekuritas yang lain tanpa deposit.

Program saham BNI sekuritas terdiri dari 2 produk untuk product Reguler dan Pasar Syariah, di mana ketidaksamaan dari segi data, yakni data saham yang tidak terhitung ke pasar syariah, misalnya saham bank, bakal tampil dengan tulisan dengan type Strikethrough atau dicoret untuk pasar Syariah.

Di BNI Sekuritas, nasabah rekening saham automatis dapat lakukan jual-beli Reksadana, dengan isi satu form yang diisi bertepatan registrasi rekening saham.

Dengan buka rekening reksadana, bila nasabah sedang tidak mau melakukan investasi di saham, dibanding uang diambil, dapat di parkir ke reksadana. Apabila kelak dibutuhkan, dana langsung bisa diambil.

Bila memerlukan kontribusi sales untuk lakukan order membeli dan jual, BNI masih sediakan, namanya bukan rekening online, tetapi rekening hybrid, dengan minimal setoran yang semakin tinggi.

Satu perihal yang menurut saya kekurangan BNI Sekuritas ialah RDN harus dibuka di Bank BNI, tidak dapat di bank lain. Implementasinya ialah ongkos transfer setiap lakukan pengangkutan uang ketika akan jual-beli saham.

Leave a Comment