5 Program Cara Trading Saham Online Terbaik untuk Pemula

Investasi saham membutuhkan program trading yang bisa diandalkan dan mudah digunakan. Saya menulis 10 diantaranya. Berikut pembahasan dari masing – masing program dan syarat tentukan program saham terbaik.

5 Program Cara Trading Saham Online Terbaik untuk Pemula
Agar bisa kerjakan jual beli saham, Anda perlu broker yang bisa dipercaya. Broker yang tidak cuma murah tetapi juga mudah, tidak cuma mudah tetapi juga andal.

Kita kenali belakangan ini ada broker – broker mempunyai permasalahan yang selanjutnya merugikan nasabah.

Di BEI ada banyak broker, 98 jumlah tepatnya, tetapi pengalaman saya, hanya beberapa ada yang cocok untuk investor ritel.

Sebelum berikan broker – broker itu, saya ingin menjelaskan syarat saya saat tentukan broker, khususnya untuk investor ritel.

Program Cara Trading Saham Terbaik

Investor menggunakan program trading untuk kerjakan berbagai hal terkait jual beli saham, diawali dari register akun, pengetesan setoran deposit uang, riset fundamental saham, riset teknikal sampai eksekusi beli dan jual saham.

Peran program trading betul-betul sentral.

Daftar ini dibuat dari pandangan subjektif, berdasarkan pengalaman saya menggunakan dan dengar dari rekanan – rekanan yang pernah menggunakannya.

  1. Indopremier IPOT
    Saya menggunakan program trading saham ini sudah lama sejak pertamanya kali main saham. Permulaannya masuk lewat beli Reksadana, seterusnya seiring waktu berjalan saya menggunakan program trading saham IPOT.

IPOT cukup dikenal di sejumlah barisan karena diantaranya pionir transaksi saham online dan gerakkan nasabahnya melalui training dan seminar untuk lakukan investasi masa panjang di saham.

Ketentuan jual beli saham di Indopremier:

Tidak ada minimum deposit saat buka akun, baru deposit jika ingin kerjakan transaksi

Fee jual saham: 0.29% per transaksi dan Fee beli saham: 0.19% per transaksi

Feenya sedikit lebih mahal, tetapi beberapa hal yang menurut saya bagus dari IPOT adalah:

Tidak ada minimum deposit saat buka akun saham. Deposit baru dikasih jika akan mulai trading saham sebesar nilai transaksi yang bakal kita lakukan

Registrasi account bisa online, tidak perlu berjumpa muka, tidak perlu datang ke cabang, semua cukup melalui program IPOT

Ada CS yang online sejauh jam kerja melalui Telegram. Membantu jika ada pertanyaan atau persoalan.

Program IPOT pasarkan banyak fitur – fitur untuk trading atau investasi, yang mudah digunakan untuk semua type investor.

Integrasi saham dengan Reksadana, sampai uang yang tidak diinvestasikan bisa ditujukan sementara ke Reksadana apabila kelak dibutuhkan bisa dialokasikan balik ke saham.

Fitur terbaru dari Indopremier adalah Robo Trading, yang disebutkan proses trading yang secara otomatis akan lakukan semua perintah order jual dan beli pada saham dan harga yang telah nasabah tentukan awalannya sampai tidak kehilangan kejadian.

Data Bursa Imbas Indonesia
Nama Anggota: INDO PREMIER SEKURITAS
Status Perusahaan: Lokal
Status Operasional: Aktif
Ijin Usaha: Manajer Investasi, Penjamin Emisi Imbas
Nilai MKBD Terakhir: Rp 320,244,655,005
Kantor Pusat: Gedung Pacific Century Place, Lantai 16 Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, SCBD Lot 10 Jakarta Selatan 12190 ,

  1. Most Mandiri
    Mandiri Sekuritas (Mansek) ialah broker saham terbesar di Indonesia yang disebutkan anak perusahaan Bank Mandiri.

Program trading saham dari Mansek adalah MOST – Mandiri Online Stock Trading.

Saya suka dengan pengguna interface MOST yang mudah dan nyaman digunakan untuk semua investor khususnya pemula.

Selain itu, sudah tentu, Mansek adalah punyai pemerintah, BUMN, jadi salah satunya yang terkuat modalnya. Karena buat saya, saat bicara investasi perlu lembaga yang punya modal kuat untuk jamin bila uang kita ditata dengan baik dan prudent.

Tapi, MOST sedikit lebih mahal, yaitu:

minimal setoran awalannya untuk pembukaan akun: mahasiswa Rp 2.000.000, umum Rp 5.000.000 dan full service Rp 100.000.000
minimum fee beli atau jual Rp 5 ribu, seberapapun kecilnya jumlah transaksi saham
Fee jual saham: 0.28% per transaksi dan Fee beli saham: 0.18% per transaksi
Fee yang sedikit mahal diimbangin keunggulan MOST, salah satunya, adalah:
Register nasabah bisa dikerjakan dengan cara online, hanya cukup menyiapkan e-KTP, foto selfie dengan memegang e-KTP dan NPWP.

Mandiri Sekuritas memiliki produk investasi pasar modal yang lengkap, yaitu: saham konvensional, saham syariah, Reksadana, Obligasi dan SBN, dan emisi IPO. Banyaknya produk membantu konsumen kerjakan diversifikasi investasi.

Koleksi Reksadana di MOST betul-betul lengkap, berbagai type Reksadana ditawarkan tidak cuma oleh Mandiri Investasi, tetapi juga Manajer Investasi lain

Fasilitas training di kelas secara berjumpa muka yang dalam, terdiri dari 3 tingkat seperti pengetahuan nasabah.

Fasilitas training online yang lengkap di web Mandiri Sekuritas

Akses di hasil riset dan up-date harian permasalahan pengubahan pasar dan ekonomi dari beberapa penelitian berpengalaman dari Mandiri Sekuritas.

Diantaranya fiturnya adalah pembukaan rekening di Mandiri Sekuritas yang seamless, bahkan tidak perlu tanda-tangan sama sekalinya.

Cara pembukaan rekening di MOST ini lebih baik karena sekuritas – sekuritas lain walaupun sudah online tetapi masih formulirnya harus di tanda-tangan, di print dan dikirim, belum menunggu sampai 1 minggu lebih buat pengaktifan.

Layanan online account opening MOST dapat dicapai menggunakan smartphone dengan 3 langkah yaitu isi data diri, mengunggah dokumen yang diperlukan dalam transaksi di pasar modal seperti KTP, swafoto dengan KTP, dan NPWP.

Dan langkah terakhir adalah kerjakan tanda-tangan digital untuk pembukaan rekening investasi dan rekening imbas.

Data Bursa Imbas Indonesia
Nama Anggota: MANDIRI SEKURITAS
Status Perusahaan: Lokal
Status Operasional: Aktif
Ijin Usaha: Manajer Investasi, Penjamin Emisi Imbas
Nilai MKBD Terakhir: Rp 396.594.372.659
Kantor Pusat: Menara Mandiri I, Lantai 24-25, Jl. Jend. Sudirman, Kav. 54-55, Jakarta

  1. Stokbit
    Program Trading Stokbit

Berbeda dengan program saham lain, Stokbit ada permulaannya sebagai komune komune trading investasi saham. Bahasa kerennya ‘Social Trading’.

Kita pemain saham perlu tempat untuk sama bertukar info, sharing rujukan dan bocoran permasalahan emiten – emiten saham.

Komune komune saham itu penting. Kenapa ?

Saham adalah instrumen investasi yang sensitif dengan info, riset dan rumour. Karena itu bila ada ajang untuk sama berwacana, sama tukar pertimbangan, akan bermanfaat.

Banyak investor yang sudah berpengalaman bertahun – tahun di dunia investasi dan trading saham, ingin sharing di komune Stokbit, secara gratis.

Sharing yang nilainya betul-betul berharga, apalagi buat saya yang belajar

Walaupun, karena ini komune terbuka, semua anggota bisa memberikan tanggapan, tanpa kita bisa benar-benar tahu identitas mereka, banyak respon – respon yang kadang – kadang tidak rasional, tidak berdasar dan lain-lainnya.

Tapi pengalaman saya selama ini mengikuti Stokbit, lama – lama kita dapat mem-filter mana anggota yang idenya bagus dan yang mana tidak.

Stokbit tidak selamanya hanya komune, siapkan berbagai data untuk riset fundamental dan riset teknikal. Penyajian datanya lengkap dan mudah dilihat.

Misalkan, rasio valuasi PBV dan PER disajikan sampai 10 tahun ke belakang. Saya tinggal cek grafiknya untuk melihat satu saham sudah murah atau memanglah belum berdasarkan valuasi PBV dan PER.

Neraca keuangan monumental tersaji lengkap dengan rasio rasio keuangan penting.

Satu hal sebagai keunggulan Stokbit adalah desain apps yang fresh, clean, mudah digunakan. Data informasi saham yang banyak dan detail bisa diringkas begitu rupa oleh Stokbit sampai investor mudah untuk melihat dan menganalisanya.

Ada tiga segi dalam Stokbit yang worthed untuk Anda tonton, yaitu:

Komune chatting baru saja yang sudah saya jelaskan. Banyak informasi 1st hand yang saya dapat di sini, yang peluang sulit saya dapat dari tempat lain
Data – data saham dalam, fundamental dan teknikal, yang disajikan baik sekali oleh stokbit, yang membuat investor mudah menggunakannya.
Fasilitas jual beli saham, yang saat ini Stokbit kerja sama dengan Sinarmas Sekuritas.
Tapi, Stokbit itu bukan broker yang punya izin jual beli saham, mereka hanya pangkalan. Karena itu, Stokbit kerja sama dengan Sinarmas Sekuritas.
Saat jual beli saham di Stokbit, nasabah kerjakan melalui Sinarmas Sekuritas. Tidak perlu buka dua program karena Stokbit yang kerjakan integrasi kedua proses ini di backend, investor tinggal tahu selesai.

Untuk pembukaan rekening, prosesnya di Stokbit online tetapi beberapa dokumen harus diambil untuk dikirimkan secara hardcopy ke pihak Sinarmas. Proses ini yang penting waktu lebih satu minggu, apalagi jika RDN dibuka di rekening yang bukan bank Sinarmas, akan makin lama kembali.

Disamping itu, dari pengalaman saya, mungkin karena proses integrasi dua proses, kadang kita harus siap dengan kondisi proses yang tidak bisa dicapai, sering perawatan (sering dari program sekuritas lain), trading balance yang tidak sesuai antara di Stokbit dan saldo Rekening nasabah di Sinarmas Sekuritas.

Walaupun kejadian persoalan ini jarang-jarang ada, masih munculkan rasa geregetan, apalagi saat kita sedang intens ingin kerjakan transaksi saham.

  1. Sinarmas
    Saya kenali permasalahan Sinarmas Sekuritas tidak sengaja, saat membuka akun di Stokbit, harus buka di Sinarmas Sekuritas.

Saya cek ternyata Sinarmas punya program trading saham sendiri dan fitur fiturnya cukup menarik.

Kebenaran, karena paling akhir fasilitas trading di Stokbit sering tidak berjalan lancar, saya selekasnya kerjakan order di Sinarmas.

Beberapa ketentuan penting Sinarmas:

Ada tiga pilihan RDN: Bank Sinarmas, Bank Niaga, dan BCA
Fee online trading adalah beli 0,15% dan jual 0,25%
Hanya akun Reguler, tidak ada akun Syariah
Minimum deposit Rp 500 ribu
Untuk pengguna interface, di dalamnya lengkap sekali, tetapi desain program Sinarmas cukup ruwet dan kurang pengguna friendly.

Fee-nya cukup rendah dan terhubung pada Stokbit yang membuat saya mengangsung menggunakan Sinarmas.

Karena itu bila terasa performa Sinarmas terasa kuno, kurang fresh, saya bisa tonton portfolio lewat Stokbit karena portfolio saham di Sinarmas mirroring di Stokbit.

Disamping itu, jika dalam waktu periode 6 bulan atau 180 hari, keseluruhnya uang dan investasi tidak raih batas minimum saldo, kurang dari Rp500.000, karenanya Sinarmas akan menonaktifkan akun kita.

Data Bursa Imbas Indonesia

Nama Anggota: SINARMAS SEKURITAS

Status Perusahaan: Lokal

Status Operasional: Aktif

Ijin Usaha: Manajer Investasi, Penjamin Emisi Imbas

Nilai MKBD Terakhir: Rp 623.586.513.876,29

Kantor Pusat: Plaza BII Tower III, Lantai 5 Ruang 501 Jln. M.H. Thamrin No. 51, Jakarta

  1. BNI Sekuritas
    BIONS Program BNI Sekuritas

Jujur saja, permulaannya nama BNI berdi belakang BNI Sekuritas yang membuat saya tentukan sekuritas ini. Karena saya ingin diantaranya sekuritas saya adalah BUMN – punyai pemerintah.

BNI kerjakan perubahan yang cukup memiliki arti dengan keluarkan program BIONS, yang performanya fresh, clean, mudah digunakan untuk trading dari ponsel.

Berbeda dengan program BNI awalannya, BIONS memiliki akun trial, sampai nasabah bisa coba tanpa menggunakan uang. Pengalaman saya, akun trial ini penting untuk get dekat dengan kerja program, apalagi yang baru pertamanya kali main saham.

Fitur di BIONS cukup lengkap, yaitu watchlist, sector trade, research, fundamental, automatic order, automatic order daftar dan corporate action, dan info dengan beberapa info terkini.

Ketentuan perdagangan saham di BNI Sekuritas adalah:

Setoran minimal adalah Rp 1 juta (versi Rp lima juta hybrid).

Akun Online Syariah: fee beli 0.15%, fee jual 0.25%

Akun Online Reguler: fee beli 0.17%, fee jual 0.27%

Akun Hybrid Reguler: fee beli 0.27%, fee jual 0.37

Satu kekurangan BNI adalah minimum deposit yang cukup besar Rp 1 juta, ditengahnya beberapa sekuritas lainnya tanpa deposit.

Program saham BNI sekuritas terbagi dalam 2 produk untuk product Reguler dan Pasar Syariah, di mana ketidaksesuaian dari sisi data, yaitu data saham yang tidak terhitung ke pasar syariah, misalkan saham bank, akan tampil dengan tulisan dengan tipe Strikethrough atau dicoret untuk pasar Syariah.

Di BNI Sekuritas, nasabah rekening saham otomatis bisa kerjakan jual beli Reksadana, berisi satu form yang diisi bersamaan register rekening saham.

Dengan membuka rekening reksadana, jika nasabah sedang tidak ingin lakukan investasi di saham, dibandingkan uang diambil, bisa di parkir ke reksadana. Jika nantinya diperlukan, dana bisa langsung diambil.

Jika membutuhkan kontributor sales untuk kerjakan order beli dan jual, BNI masih siapkan, namanya bukan rekening online, tapi rekening hybrid, dengan minimum setoran yang makin tinggi.

Satu hal yang menurut saya kekurangan BNI Sekuritas adalah RDN harus dibuka di Bank BNI, tidak bisa di bank lain. Implikasinya adalah biaya transfer tiap kerjakan pengiriman uang saat akan jual beli saham.

Data Bursa Imbas Indonesia

Nama Anggota: BNI SEKURITAS
Status Perusahaan: Patungan
Status Operasional: Aktif
Ijin Usaha: Manajer Investasi, Penjamin Emisi Imbas
Nilai MKBD Terakhir: Rp 361,085,288,583
Kantor Pusat: Sudirman Plaza Indofood Tower, 16, Jenderal Sudirman , Kav. 76-78, Jakarta

Leave a Comment